littletux_bumper.sh-600x600Dalam rangka meningkatkan kompetensi anak didik SMK IT Ihsanul FIkri, prodi Teknik Komputer Jaringan tahun ini mencanangkan sebagai waktu untuk migrasi dari sistem operasi window ke sistem opensource Linux sebagai platform pembelajaran.  Menurut penuturan Tri Bambang, pengajar produktif TKJ, pilihan untuk bermigrasi ke sistem linux didasari oleh beberapa faktor, selain karena linux sifatnya gratis, sehingga tidak membebani anggaran pengadaan sistem opeasi, daya dukung komunitas yang tinggi, security sytem yang lebih handal, selain itu juga didasari oleh pengamatan bahwa Linux sudah mulai ramai digunakan oleh perusahaan-perusahaan berbasis IT, sehingga kompetensi anak didik kami bersesuian dengan kebutuhan industri.

Penggunaan Linux, pada dasarnya hanya menggantikan sistem operasi windows yang pakem dipakai dalam kurikulum dinas. Anak didik diajarakan dari proses intalasi sistem opeasi, penggunaan software-software aplikasi pendukung, hingga konfigurasi server berbasis Linux.

Kedepan, kerjasama dengan lembaga sertifikasi opensoure mulai dijajaki sehingga anak didik memiliki sertifikasi kompetensi yang dapat dipertanggung  jawabkan. Go Ihsanul Fikri!!

Leave a Comment