Selasa, 16 Maret 2021 / Published in Kegiatan Siswa

Magelang-Sabtu (12/03) SMKIT Ihsanul Fikri yang bekerja sama dengan GameLab dan GitSolution mengadakan sebuah agenda bernama Prakerin atau Praktek kerja Industri yang dikhusukan untuk santri kelas XI. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menambah wawasan sekaligus untuk memperkenalkan suasana kerja kepada santri. Kegiatan tersebut telah di mulai sejak tanggal 1 Maret hingga tangal 30 April mendatang.

 

Di GameLab ada santri belajar tentang web design , Blender , Corel , maupun yang lainnya. Sedangkan di GitSolution santri akan belajar tentang Linux Server.Santri masuk ruang PKL pukul 7 pagi tepat setelah selesai apel. Kemudian dari pukul 7 hingga pukul 12 siang santri akan belajar di GameLab ,lalu dari pukul 1 hingga sore akan belajar di GitSolution.

 

Salah satu santri yang mengikuti Prakerin bernama Tsabit Linggarjati berkata “Prakerin itu menambah wawasan saya supaya ada gambaran saat bekerja nanti. Prakerin juga membuat saya tahu apa arti deadline  yang sesungguhnya. Jika saya tidak tepat saat mengumpulkan job yang diberikan maka saya tidak akan dapat rating. Dengan seperti itu saya tidak akan dapat apa – apa di hari itu”.

Selasa, 16 Maret 2021 / Published in Tak Berkategori

MAGELANG – Pada tanggal 3-6 Maret 2021 lalu, SMKIT Ihsanul Fikri menyelenggarakan training & sertifikasi MTCNA (MikroTik Certified Network Association) yang digelar di ruang kelas 10, Asrama Krapyak, Paremono. Training ini diikuti oleh 21 siswa yang hanya terdiri dari Kelas 10 Industri. Kegiatan ini merupakan bagian dari salah satu rutinitas yang biasa dilaksanakan dengan periode berkala disini, mengingat bahwa SMKIT Ihsanul Fikri bekerja sama dengan perusahaan MikroTik sebagai salah satu kejuruan yang ditonjolkan. Training & sertifikasi ini di bimbing langsung oleh Ust. Ismail selaku trainer & pengajar MikroTik di SMKIT Ihsanul Fikri.

“Sertifikat MikroTik ini akan berguna saat kalian telah lulus nanti,” Kata Pak Ismail sebelum training MTCNA dimulai.

Prosesi training yang dimulai pada hari Rabu sampai dengan Sabtu (3/3/21 – 6/3/21) berjalan dengan lancar. Sesi training dan sertifikasi terbagi pada waktu yang berbeda. Hari Rabu sampai dengan hari Jumat merupakan sesi training, sedangkan proses sertifikasi dilaksanakan pada hari Sabtu. Kegiatan training dimulai pukul 08.00 dan berakhir pada pukul 15.02 ketika suara adzan ashar berkumandang merdu di Asrama Krapyak.

Training & sertifikasi ini diadakan guna melatih dan membimbing langsung para siswa tentang bagaimana cara-nya menyetting sebuah jaringan, memasang router, dan lain sebagainya yang merupakan salah satu keahlian yang wajib dikuasai para siswa setelah lulus dari sini. Para siswa yang mengikuti training dan sertifikasi ini sangat diharapkan untuk bersungguh-sungguh ikut berpartisipasi dalam prosesi kegiatan ini karena nantinya sertifikat itu akan berguna untuk kedepannya.

Training dan sertifikasi MTCNA yang diadakan pada 3-6 Maret 2021, diikuti oleh 21 peserta dan telah berakhir dimana terdapat 10 peserta yang berhasil lulus mendapatkan sertifikat MTCNA.

Peserta tersebut sebagai berikut :

  1. Afrizal Nur Muhammad Masrur
  2. Athaya Pandu Mareno
  3. Azzam Tsabitul Jamil
  4. Fadhilah Azkia
  5. Faiz Wildan Arrosyid
  6. Ilham Mubarok Al Rantisi
  7. Muhammad Ridha Hafidz
  8. Muhammad Catra Hanif Azmi
  9. Muhammad Hudzaifah
  10. Mutsaqoful Fikri Ahmad

Demikianlah training & sertifikasi selama 4 hari itu berakhir dengan lulusnya 10 orang siswa dalam proses sertifikasi tersebut. Siswa yang gagal dalam prosesi sertifikasi diminta untuk tidak berkecil hati sebab kegiatan sertifikasi akan kembali diadakan pada kesempatan yang selanjutnya.

Selasa, 16 Maret 2021 / Published in Tak Berkategori

Magelang – Organisasi Rohis SMKIT Ihsanul Fikri mengadakan acara untuk memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad, acara tersebut diberi nama Ismifest (Isra’ Mi’raj Festival) yang kegiatannya berpusat di aula tengah SMK (11/03).

Dalam peringatan tersebut diadakan berbagai macam kegiatan, salah satunya adalah kajian yang dibawakan oleh Ust. KH. Hanafi yang membahas tentang Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad.

“Dengan dibawakannya kajian oleh Ust. Hanafi seputar Isra’ Mi’raj diharapkan menambah wawasan para santri agar lebih memahami bagaimana perjalanan Nabi Muhammad dalam memperjuangkan agama Islam.” kata Athaya Pandu Mareno, selaku ketua panitia acara Ismifest.

Acara ini juga diramaikan dengan beragam lomba-lomba yang sudah disiapkan panitia, lomba-lomba tersebut meliputi, lomba Adzan, Poster, Ceramah Islami, MHQ, Kreasi Angkatan, dan Ranking 1.

Ismifest berlangsung dengan sangat meriah dengan antusias para santri dalam mengikuti acara ini walaupun peringatan Isra’ Mi’raj seperti ini baru pertama kali diadakan di tahun ini.

Acara dimulai pukul 09.15 pagi, dimulai dengan pembukaan oleh Ust. Irsyad, selaku Pembina Rohis, kemudian acara dilanjut dengan lomba-lomba sampai menjelang dhuhur. Dan dilanjutkan lagi setelah ashar dengan penampilan Marawis SMKIT Ihsanul FIkri dan Kajian Ust.Hanafi sampai menjelang buka, walaupun estimasi waktu acara terbilang lama apalagi saat itu sedang puasa Senin Kamis, santri tetap mengikuti rundown acara dengan antusias dan tetap semangat, hal ini patut di aperasiasi. Kemudian acara ditutup dengan pengumuman pemenang tepat setelah para santri selesai melaksanakan ibadah sholat Isya’ dengan menonton film bersama.

Dengan persiapan satu minggu oleh para panitia yang merupakan kelas 10 SMK, yang juga baru pertama kali memanitiai sebuah acara di SMK, Acara ini terbilang sukses dan berhasil setelah penilaian dari salah seorang kakak kelas.

“Untuk kelas 10 yang baru pertama kali menjadi panitia acara, acara` Ismifest ini sudah sangat bagus.” kata Nandi Ubaidillah, salah seorang kelas 12 di SMK.

 

 

Selasa, 16 Maret 2021 / Published in Kegiatan Siswa

Pengenalan Lingkungan Sekolah dan Asrama (PLSA) merupakan sebuah kegiatan rutin tahunan untuk mengenalkan almamater serta menyambut kedatangan para peserta didik baru.

PLSA sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah dan Asrama. Baik perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak tingkat, maupun guru. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Kegiatan PLSA SMK IT Ihsanul FIkri dilaksanakan pada tanggal 11 Januari 2021 hingga 19 Januari 2021 dengan serangkaian acara yang telah disusun panitia sebagai bekal dalam kehidupan berasrama, adapun rangkaian acara yang diselenggarakan berupa pembekalan materi penguatan fikriyyah serta ruhiyyah yang dibawakan oleh ustadz dan ustadzah, pengenalan organisasi  (ROHIS, OSIS Salman Al-Farisi, dan Dewan Ambalan Shalahuddin Al-Ayyubi) yang dibawakan oleh kakak panitia diantaranya ada Mas Dafiq, Athif, Dzaky Fauzan, Ayom Izzuddin, Fatih ‘Ad-Li, dan Musyaffa, serta Ice Breaking yang dibawakan oleh mas Musyaffa, kegiatan ini diisi dengan berbagai macam permainan yang menghibur para peserta didik baru, meskipun selama kegiatan PLSA berlangsung pada masa karantina selama 10 Hari setelah kedatangan, para peserta didik baru terlihat semangat serta memiliki antusiasme yang tinggi.

Kegiatan PLSA tahun 2021 ditutup dengan acara PASEDULURAN yang telah disiapkan oleh EMPEROR (Angkatan 8) selaku panitia dan NEVANOID (Angkatan 7), sebagai acara penutup penyambutan siswa didik baru Angkatan 9 serta penyerahan nominasi pada pelaksanaan PLSA 2021. ◼ Musyaffa

TOP
Lewat ke baris perkakas