Guna meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah, tim prodi kejuruan SMK IT Ihsanul Fikri merelease Edu-fikr, platform pembelajaran online berbasis moodle. Moodle dipilih sebagai enginenya karena dianggap lebih powerfull dan memiliki daya dukung yang cukup.

edufikr

Edu-fikr dihadarikan untuk menunjang proses pembelajaran konvensioanal, dimana guru dan siswa dapat melakukan interaksi proses belajar secara online, demikian disampaikan oleh Ismail, pengajar produktif TKJ. Dengan edu-fikr, guru dapat memberikan bahan pelajaran, tugas dan bahkan ujian secara online kepada siswa. Setiap siswa akan mendapatkan akun,untuk mengakses konten-konten tersebut, rekap nilai dari prose pembelajaran tersebut juga terecord fengan baik.

Saat ini, edu-fikr masih berjalan pada server lokal. Dan sudah diujikan untuk pengerjaan latihan soal bagi kelas 12. “Memang secara khusus, edu-fikr dihadirkan untuk menunjang program latihan soal rutn persiapan ujian nasional yang hampir setiap hari diberikan kepada siswa,dan sampai sejauh ini respon siswa positif” demikian tambahan beliau.

Leave a Comment