Tebar Qurban PPIT Ihsanul Fikri

Tepat pada tanggal 10 Dzulhijah 1441 H atau Jumat, 31 Juli 2020 seluruh umat beragama islam merayakan Hari Idul Adha. Hari besar bagi seluruh muslim di dunia, gema takbir  berkumandang dimana-mana, luapan kebahagian untuk menyambut Idul Adha terlihat ramai diberbagai masjid dipenjuru kota.

Idul Adha atau yang biasa dikenal Hari Raya Qurban ini adalah salah satu hari besar bagi kaum muslim di dunia, waktunya pun berdekatan dengan perayaan Hari Idul Fitri. Kewajiban berqurban bagi setiap umat islam ini merupakan perintah ALLAH SWT,  Kisah Nabi Ibrahim sudah banyak memberikan kita hikmah dan teladan bagi kita semua tentang Hari Raya Qurban, pentingnya berqurban, keutamaan menjalankan perintah ALLAH, dan indahnya saling berbagi diantara sesama.

Dalam menyambut hari besar tersebut Pondok Pesantren Ihsanul Fikri dibawah Yayasan Tarbiyatul Mukmin Pabelan juga telah mempersiapkan segala acara yang akan berlangsung. Namun Idul Adha kali ini nampak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu tidak adanya santri-santri di lingkungan pondok. Ditengah kondisi Pandemi seperti ini Pondok Ihsanul Fikri tidak melibatkan siswa dalam hari raya idul qurban, namun bukan berarti acara penyembelihan hewan qurban tidak berjalan, tetap berjalan hanya saja yang menjalankan adalah ustad-ustad, guru, pengasuh, dan semua karyawan yang ada di Pondok Ihsanul Fikri. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pengasuh atau guru yang harus menjalankan acara idul adha tanpa ada bantuan sanri-santrinya, disamping karena jumlah guru yang tidak sebanyak santri sehingga waktu pengerjaan yang lama, maka semua unit atau lembaga di bawah Yayasan Tarbiyatul Mukmin Pabelan ikut serta dalam membantu acara penyembelihan hewan qurban.

Rabu, 29 Juli 2020,

Dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha SMK IT Ihsanul Fikri menjadi tempat pengumpulan hewan qurban terutama Kambing. Sebanyak 178 kambing terkumpul di SMK IT Ihsanul Fikri yang nantinya akan di distribusikan ke berbagai desa di Kabupaten Magelang. Kambing sebanyak itu tentunya adalah Hewan Qurban dari para santri dan wali santri yang berasal dari SMP, SMA, dan SMK IT Ihsnaul Fikri. Banyak dari wali santri yang memilih tetap berqurban di pondok walaupun tidak bisa hadir menyaksikan. Dari hasil qurban santri ihsanul fikri itulah terkumpul hewan qurban sebanyak 178 kambing dan 8 sapi. Untuk kedelapan sapi itu akan dikirim pada hari sabtu sekaligus penyembelihannya.

Kamis,30 Juli 2020,

Sehari sebelum perayaan idul adha adalah kegiatan distribusi hewan kambing ke berbagai desa di Kabupaten Magelang. Dari total 178 kambing akan di distribusikan 166 kambing untuk desa-desa dan 12 kambingnya untuk konsumsi pondok ihsanul fikri. Kegiatan distribusi hewan qurban tersebut berlangsung dari pagi hingga sore oleh Panitia Qurban Ihsnaul Fikri.

Kemudian sore setelah ashar dilanjutkan agenda Taujih dan Buka bersama untuk semua guru dan karyawan dibawah Yayasan Tarbiyatul Mukmin Pabelan. Taujih yang di sampaikan oleh Ustad  Jamaludin,B.A selaku pembina yayasan dan Ustad Ahmad Kasban Syarqowy, Lc selaku Pimpinan Pondok Pesnatren Ihsanul Fikri tersebut berkaitan dengan persiapan Hari Raya Idul Adha yang akan berlangsung hari Jumat dan Sabtunya, dan dilanjutkan dengan buka bersama dan sholat maghrib berjamaah.

Jumat, 31 Juli 2020,

Tibalah di Hari Raya Idul Adha, hari besar umat islam di dunia.

Pondok Pesantren Ihsanul Fikri menggelar Sholat I’ed di Masjid Mujahiddin yang berlangsung dari jam 06.15 yang dihadiri oleh semua guru beserta karyawan ihsnul fikri, khotib dan imam Sholat I’ed adalah beliau Ustad Ahmad Kasban Syarqowy, Lc. M.Si. Lalu dilanjutkan dengan penyembelihan 12 kambing untuk konsumsi semua guru karyawan ihsanul fikri.

Sabtu, 1 Agustus 2020,

Setelah rangkaian dari hari Rabu sampai hari Jumat, dari pengumpulan hewan kambing, distribusi, sampai penyembelihan di lingkungan pondok. Tibalah di hari Sabtu yaitu penyembelihan Sapi. Beberapa Truk berdatangan sejak jam 5 pagi membawa Sapi untuk qurban, dilanjutkan dengan apel pagi oleh semua panitia, guru, karyawan, dan unit dibawah yayasan YTMP. Setelah selesai apel pagi sekaligus pengarahan dari Ustad Jamaludin, penyembelihan Sapi pun segera di mulai. Karena ukuran sapi yang sangat besar dan tidak biasa ini, Pondok juga sudah mengundang Pejagal Profesional untuk kami minta bantuan menjinakkan sekaligus proses penyembelihannya.

Panitia juga sudah membagi semua yang hadir menjadi 8 kelompok sesuai jumlah sapi, masing-masing kelompok terdiri dari 14 anggota. Setelah sapi berhasil disembelih, dikuliti, dan di potong-potong oleh pejagal, kini adalah tugas 8 kelompok tersebut untuk memotong daging menjadi kecil dan memisahkan daging dari tulangnya.

Dari proses penyembelihan sampai pemotongan daging menjadi kecil, kemudian daging yang sudah dipotong, di bagi kedalam bungkus plastik untuk nantinya dibagikan ke guru dan karyawan di Pondok Ihsnaul Fikri. Kegiatan tersebut belangsung hingga waktu dhuhur dan dilanjutkan dengan makan siang bersama.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: